Posted by: browniesnet | March 20, 2008

/var/spool/clientmqueue/

beh akhirnya ketemu juga penyebab hangnya squidku…. ada file yang memenuhi ruang hd-ku yang memang sudah kecil hehehehe….
fedora core 6
kayaknya sech sesuai dengan blog-nya mas fajar…

yaps semalem saya di YM sama si reza, isinya adalah pembicaraan dia dengan mas beni. mas Beni menyampaikan info bahwa mesin http://www.itb.ac.id lagi ada masalah di bagian lognya, katanya lognya penuh. dari space yang disediakan 1.5 GB dan terpakai 1.4 GB. wah bisa2 log yang lain gak bakal bisa masuk nih.
Langkah selanjutnya yang saya lakukan adalah mencoba mengecek satu persatu di bagian /var , yang saya kira pertama penyebab ini semua adalah log dari http-access dari http://www.itb.ac.id, mungkin karena saking banyaknya yang akses (lagi masa2 usm sih, jadi pada pengen liat pengumuman).
Namun setelah di beritahu, akhirnya saya menemukan ada sebuah log yang memakan space 1GB lebih, yaitu /var/spool/clientmqueue. setelah saya telaah ternyata yang membuat log ini adalah karean setingan dari rc.conf mesin http://www.itb.ac.id mematikan process sendmail. Tertulis di rc.conf adalah

sendmail_enable=”NONE”.

Kemudian solusinya adalah, hapus dulu isi dari folder /var/spool/clientmqueue, lalu jalan kan perintah untuk menghidupkan sendmail, perintahnya :

/etc/rc.d/sendmail start

setelah process ini dijalankan maka di directory /var/spool/clientmqueue hanya akan ada pid file sehingga tidak akan memakan space yang besar

coba ah…


dan…

ternyata memang lama menghapusnya ..

root@brownies$cd /var/spool/
root@brownies spool$ rm -rf clientmqueue


[root@brownies spool]# df -h
Filesystem Size Used Avail Use% Mounted on
/dev/mapper/brownies-System
9,5G 3,6G 5,5G 40% /
/dev/hda1 99M 11M 84M 12% /boot
/dev/mapper/brownies-cache
25G 757M 23G 4% /cache
tmpfs 189M 0 189M 0% /dev/shm

Alhamduillah akhirnya spaceku kembali lagi.. hehehe (alhamdulillah..)


Leave a comment

Categories